20 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Cara Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah gangguan kulit umum yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Ini disebabkan oleh akumulasi faktor-faktor seperti hormon, genetika, stres, dan diet. Meski belum ada obatnya, ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk mengurangi munculnya jerawat.

Jerawat adalah kondisi kulit yang sangat umum yang mempengaruhi banyak orang, terutama selama masa pubertas. Ini bisa berkisar dari beberapa jerawat hingga seluruh wajah, yang bisa menyakitkan dan membuat tidak nyaman. Meskipun ada banyak perawatan tanpa resep yang tersedia untuk mengobati jerawat, tidak semuanya cocok untuk semua orang. Pada artikel edisi kali ini kita akan melihat 20 cara untuk menghilangkan jerawat, dari pengobatan alami dan rumahan hingga perawatan profesional.

Penyebab jerawat

Jerawat disebabkan oleh akumulasi berbagai pengaruh. Perubahan hormonal, seperti yang terjadi pada masa pubertas atau kehamilan, dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak di kulit dan penyumbatan pori-pori.

Pengaruh genetika juga bisa menyebabkan jerawat, karena terkadang beberapa orang lebih rentan terkena jerawat daripada yang lain. Stres dan diet juga dapat menyebabkan perkembangan jerawat. Perawatan kulit yang tidak tepat dan obat-obatan yang salah dan tidak cocok untuk kulit juga dapat menyebabkan peningkatan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat

Perawatan yang paling umum untuk jerawat adalah penggunaan obat topikal seperti benzoil peroksida, asam salisilat, dan retinoid. Obat-obatan ini membantu mengurangi jumlah minyak pada kulit dan membuka pori-pori yang tersumbat. Pengobatan dengan cara ini juga dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan di sekitar wajah. Obat oles juga bisa jadi opsi untuk mengurangi peradangan dan mengurangi jumlah bakteri penyebab jerawat pada kulit.

Cara lain untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan chemical peeling. Pengelupasan kimia menggunakan kombinasi asam untuk mengelupas kulit dan mengangkat sel kulit mati. Cara menghilangkan jerawat seperti ini dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mengurangi jumlah bakteri penyebab jerawat pada kulit.

Terapi cahaya, seperti sinar biru dan laser, juga bisa digunakan untuk mengurangi munculnya jerawat. Terapi sinar biru bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat, sedangkan terapi laser bekerja dengan cara mengurangi jumlah minyak pada kulit dan membuka pori-pori yang tersumbat.


20 Cara Menghilangkan Jerawat

Berikut cara-cara yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan jerawat, cara-cara ini mungki bisa membantu teman-teman yang sedang mengalami masalah jerawat.

Pengobatan Alami

1. Cuka sari apel: cuka sari apel memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri, menjadikannya obat alami yang bagus untuk jerawat. Dapat dioleskan langsung ke kulit dalam bentuk encer atau diminum sebagai suplemen.

2. Lidah buaya: lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi, yang menjadikannya obat alami yang bagus untuk jerawat. Dapat dioleskan langsung ke kulit atau diminum sebagai suplemen.

3. Minyak pohon teh: minyak pohon teh adalah minyak esensial dengan sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-jamur. Ini dapat digunakan secara langsung pada kulit atau dalam bentuk encer.

4. Madu: madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, menjadikannya obat alami yang bagus untuk menghilangkan jerawat. Bisa dioleskan langsung ke kulit atau diminum sebagai suplemen.

5. Zinc:
zinc adalah mineral penting yang membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri pada kulit, zinc bisa menjadi obat alami yang bagus untuk jerawat. Cara pakainya dapat dikonsumsi sebagai suplemen atau dioleskan ke kulit.

Pengobatan rumahan

6. Es: mengoles es ke kulit dapat mengurangi peradangan dan kemerahan, es bisa jadi obat rumahan yang bagus untuk jerawat.

7. Jus lemon: jus lemon memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, menjadikannya obat rumahan yang bagus untuk jerawat. Dapat dioleskan langsung ke kulit atau diminum sebagai suplemen.

8. Soda kue: soda kue dapat membantu menyerap minyak dan mengurangi peradangan, menjadikannya obat rumahan yang bagus untuk jerawat dengan cara dioleskan langsung ke kulit.

9. Aspirin: aspirin dapat membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri, menjadikannya obat rumahan yang bagus untuk jerawat. Ini dapat diambil sebagai suplemen atau dioleskan ke kulit.

10. Mentimun: mentimun memiliki sifat anti-inflamasi, menjadikannya obat rumahan yang bagus untuk menghilangkan jerawat dengan cara dioleskan langsung ke kulit.

Perawatan profesional

11. Mikrodermabrasi: mikrodermabrasi adalah perawatan profesional yang menggunakan tongkat berujung berlian untuk mengelupas kulit dan mengurangi munculnya jerawat.

12. Chemical Peels: pengelupasan kimiawi adalah perawatan profesional yang menggunakan kombinasi asam untuk mengelupas kulit dan mengurangi munculnya jerawat.

13. Perawatan laser: perawatan laser adalah perawatan profesional yang menggunakan laser untuk mengurangi munculnya jerawat dengan membunuh bakteri dan mengurangi peradangan.

14. Dermabrasi: dermabrasi adalah perawatan profesional yang menggunakan tongkat berujung berlian untuk mengelupas kulit dan mengurangi munculnya jerawat.

15. Terapi cahaya: terapi cahaya adalah perawatan profesional yang menggunakan cahaya untuk mengurangi munculnya jerawat dengan membunuh bakteri dan mengurangi peradangan.

Obat resep

16. Antibiotik: antibiotik adalah jenis obat resep yang digunakan untuk mengobati jerawat dengan cara membunuh bakteri.

17. Retinoid: retinoid adalah jenis obat resep yang digunakan untuk mengobati jerawat dengan mengurangi produksi minyak, membuka pori-pori yang tersumbat, dan mengurangi peradangan.

18. Terapi hormon: terapi hormon adalah jenis obat resep yang digunakan untuk mengobati jerawat dengan mengatur kadar hormon.

19. Kontrol kelahiran: kontrol kelahiran adalah cara yang digunakan untuk mengobati jerawat dengan mengatur kadar hormon.

20. Isotretinoin: isotretinoin adalah sejenis obat resep yang digunakan untuk mengobati jerawat parah dengan mengurangi produksi minyak dan membuka pori-pori yang tersumbat.

Cara menghilangkan bekas jerawat

1. Retinoid Topikal: Retinoid adalah krim, gel, dan serum yang mengandung turunan vitamin A dan dapat dioleskan ke kulit untuk mengurangi munculnya bekas jerawat.

2. Chemical Peels: Pengelupasan kimiawi adalah perawatan yang populer untuk mengurangi munculnya bekas jerawat. Mereka menggunakan larutan kimia untuk menghilangkan lapisan luar kulit, memperlihatkan lapisan kulit baru di bawahnya.

3. Perawatan Laser: Perawatan laser adalah cara lain untuk mengurangi munculnya bekas jerawat. Sinar laser digunakan untuk menargetkan area perubahan warna dan memecah jaringan bekas jerawat.

4. Mikrodermabrasi: Mikrodermabrasi adalah jenis pengelupasan kulit yang menghilangkan lapisan atas kulit dan membuka lapisan kulit baru di bawahnya.

5. Fillers: Fillers dapat digunakan untuk mengisi bekas jerawat yang berlekuk-lekuk dan membuat kulit tampak lebih rata.

6. Obat Alami: Obat alami seperti lidah buaya, madu, dan minyak pohon teh dapat membantu mengurangi munculnya bekas luka.

Risiko dan manfaat perawatan jerawat

Risiko yang terkait dengan perawatan jerawat bervariasi tergantung pada jenis perawatan yang digunakan. Obat topikal dapat menyebabkan iritasi kulit, kemerahan, dan kekeringan. Obat oral dapat menyebabkan efek samping yang serius seperti kerusakan hati, depresi, dan penurunan nafsu makan. Pengelupasan kimia dapat menyebabkan kemerahan, iritasi, dan pembengkakan. Terapi cahaya dapat menyebabkan iritasi kulit dan kemerahan.

Manfaat yang terkait dengan perawatan jerawat adalah berkurangnya peradangan dan kemerahan, pori-pori yang tidak tersumbat, dan berkurangnya bakteri penyebab jerawat pada kulit.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama