3 Teori Alasan Kenapa Kota Machu Picchu Dibangun di Puncak Gunung

WebP rules.
Alasan Kenapa Kota Machu Picchu Dibangun di Puncak Gunung

Machu Picchu adalah sebuah benteng Inca kuno yang terletak tinggi di Pegunungan Andes Peru. Dibangun di ketinggian lebih dari 8.000 kaki, kota misterius ini telah membuat bingung para peneliti dan turis mengapa dibangun di puncak gunung atau dataran tinggi.


Kali ini saya akan menjawab lagi sebuah pertanyaan dalam mapel sejarah yang saya lihat di Brainly, ada yang bertanya begini;


Jelaskan alasan kota machu pichu di bangun di puncak gunung atau daratan tinggi - Brainly

WebP rules.

Melalui bukti arkeologi, catatan, dan berbagai studi penelitian, berbagai teori telah berkembang di dunia maya dan masyrakat dunia tentang mengapa suku Inca memilih tempat terpencil, terisolasi dan di pegunungan tinggi untuk membangun mahakarya ini.


Teori Pertama: Akses Strategis

Suku Inca kemungkinan memilih untuk membangun kota Machu Picchu di puncak gunung atau dataran tinggi untuk mendapatkan akses strategis ke daerah sekitarnya.


Teori ini menjelaskan kalau dari atas dataran tinggi, akan mudah untuk memantau pergerakan musuh potensial dan memanfaatkan penghalang alami yaitu pegunungan yang ada di sekitar mereka.


Begitu juga kota ini akan jauh lebih sulit diakses oleh musuh penyerbu ketimbang pemukiman yang terletak di dataran rendah.


Teori Kedua: Simbolisme Suci

Keyakinan kerjaaan Inka termasuk di dalamnya hubungan yang kuat dengan dewa-dewa yang ada di alam, yang sering dikaitkan dengan puncak gunung atau dataran tinggi.


Suku Inka kuno kemungkinan memilih untuk menempatkan kota mereka di puncak gunung atau dataran tinggi untuk menyampaikan penghormatan spiritual mereka kepada dewa-dewa mereka dan hubungan mereka dengan alam.


Terus, dengan menempatkan kota pada ketinggian seperti itu mungkin secara simbolis menghubungkan mereka secara langsung dengan dewa-dewa di langit.


Teori Ketiga: Pertimbangan Praktis

Teori ketiga disebutkan bahwa suku Inka mungkin telah menempatkan kota mereka di atas gunung atau dataran tinggi karena alasan praktis juga. Latarbelakang puncak gunung akan menyediakan sumber air yang stabil, berkat curah hujan yang lebih besar di ketinggian seperti itu.


Selain itu iklim yang unik di daerah tersebut memberi suku Inka sarana untuk bercocok tanam meskipun lanskapnya genting di lereng gunung.


Kesimpulan

Jadi, ada 3 teori terkait alasan mengapa suku Inka lebih memilih untuk membangun kota mereka di puncak gunung atau dataran tinggi yang sangat kompleks dan beragam.


Ada teori yang berfokus pada pendekatan praktis, yang lain berfokus pada elemen simbolik dan spiritual. Kemungkinan kombinasi dari semua teori yang disebutkan di atas berperan dalam pemilihan lokasi Machu Picchu pada zaman dahulu.

Sekian, semoga terbantu, terimakasih...
Kunjungi profil Brainly saya di: https://brainly.co.id/app/profile/42984585/answers

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama