Organel Lisosom Pada Sel Hewan Tidak Pada Tumbuhan, Mengapa?

WebP rules.
Lisosom Pada Sel Hewan

Lisosom adalah salah satu organel terpenting dalam sel eukariotik, karena lisosom terlibat dalam proses seperti autofagi dan pencernaan bahan asing. Tapi, lisosom hanya ditemukan pada sel hewan dan tidak pada sel tumbuhan.


Dalam artikel ini saya akan menjawab sebuah pertanyaan untuk mapel biologi yang saya temukan di Brainly, bunyinya begini;


Mengapa organel lisosom hanya terdapat pada sel hewan saja sedangkan tumbuhan tidak ada ? jelaskan - Penanya Brainly

WebP rules.

Oke, mari kita lihat alasan yang mendasari mengapa lisosom hanya ditemukan pada sel hewan dan bukan pada sel tumbuhan dengan mempertimbangkan karakteristik kedua jenis sel dan peran lisosom dalam proses sel.


Struktur sel Hewan dan Tumbuhan

Perbedaan paling mendasar antara sel tumbuhan dan hewan adalah adanya dinding sel pada tumbuhan, sedangkan sel hewan dikelilingi oleh membran plasma. Dinding sel itu terdiri dari polisakarida dan protein, berfungsi sebagai penghalang yang membatasi lewatnya material masuk dan keluar dari sel.


Berbeda dengan membran yang mengelilingi sel hewan, yang terdiri dari lipid dan protein, dan keduanya bisa membuka peluang bahan masuk dan keluar pada sel dengan lebih bebas. Perbedaan struktur membran inilah yang diduga mempengaruhi keberadaan lisosom pada sel hewan.


Peran Lisosom Pada Sel Hewan

Lisosom adalah organel yang terikat antara membran satu dengan membran lainnya, yang berasal dari aparatus Golgi, yang mengandung berbagai enzim hidrolitik. Enzim ini melayani beberapa fungsi, termasuk pencernaan zat asing, protein dan polisakarida, serta daur ulang komponen sel melalui proses yang disebut autophagy.


Sementara pada tumbuhan, dinding sel menyediakan penghalang yang membatasi lewatnya molekul dan partikel besar. Sebaliknya, tidak adanya dinding sel ini pada sel hewan membuat sel hewan lebih rentan terhadap penyerapan bahan ekstrasel dan kotoran.


Ini menunjukkan bahwa keberadaan lisosom dalam sel hewan diperlukan untuk pencernaan dan pembuangannya. Terus, keberadaan enzim lisosom pada sel hewan memberi mereka kemampuan untuk mencerna dan membuang komponen sel yang telah rusak atau usang, melalui proses autophagy.


Proses autophagy adalah proses penting pada sel hewan dan tumbuhan, tetapi diperkirakan bahwa lisosom hanya ditemukan pada sel hewan karena membrannya yang lebih permeabel yang memberi ruang pada partikel dan molekul yang lebih besar untuk melewatinya.


Kesimpulan

Jadi, lisosom hanya ditemukan pada sel hewan dan bukan pada sel tumbuhan karena perbedaan struktural dan fungsionalnya. Struktur dinding sel pada tanaman membatasi lewatnya molekul dan partikel, sedangkan tidak adanya dinding sel pada hewan memungkinkan mereka untuk mengambil bahan yang lebih besar dari lingkungan.


Selain itu, keberadaan lisosom dalam sel hewan membuatnya berkemampuan melakukan pencernaan dan pembuangan molekul asing, serta daur ulang komponen sel melalui autophagy.


Itulah sedikit jawaban dan penjelasan mengapa organel lisosom hanya terdapat pada sel hewan saja sedangkan tumbuhan tidak ada, semoga bermanfaat, terimakasih.....
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama