Perubahan Iklim! Dampak Kehidupan Hewan dan Tumbuhan

Perubahan Iklim
Perubahan Iklim

Efek perubahan iklim terhadap kehidupan hewan dan tumbuhan semakin nyata dalam beberapa tahun terakhir. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas dampak perubahan iklim terhadap kehidupan hewan dan tumbuhan, khusus pada tahun 2023.


Tulisan ini saya buat berdasarkan sebuah pertanyaan yang ditulis oleh seorang penanya dengan username ea2531404 di situs Brainly, ia meminta jawaban atas pernyataan berikut;

Perubahan iklim! dampak kehidupan hewan dan tumbuhan – via Brainly

Perubahan iklim akan menyebabkan gangguan yang signifikan terhadap alam pada tahun 2023, dan dampaknya terhadap kehidupan hewan dan tumbuhan akan sangat besar dan berjangkauan luas.


Perubahan iklim adalah salah satu tantangan terbesar yang dihadapi planet kita saat ini. Efek dari perubahan iklim sudah dirasakan di banyak bagian dunia, dan dampaknya cenderung memburuk di tahun-tahun mendatang.


Saat suhu terus meningkat, efek perubahan iklim terhadap kehidupan hewan dan tumbuhan akan semakin nyata.


Studi Saat Ini tentang Perubahan Iklim Terhadap Kehidupan Hewan dan Tumbuhan

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa perubahan iklim sudah berdampak pada kehidupan hewan dan tumbuhan. Sebuah studi oleh Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) menemukan bahwa perubahan iklim telah menyebabkan penurunan keanekaragaman hayati di banyak ekosistem laut, dengan beberapa spesies menjadi semakin langka bahkan ada yang sudah punah.


Penelitian lain juga membuktikan bahwa perubahan iklim berdampak pada pola migrasi beberapa spesies, serta distribusi habitat.


Disamping itu, perubahan iklim berdampak langsung pada kesehatan kehidupan hewan dan tumbuhan. Sebuah studi oleh World Wildlife Fund (WWF) menemukan bahwa kenaikan suhu telah menyebabkan penyebaran penyakit ke daerah baru, serta peningkatan risiko kepunahan beberapa spesies.


Selanjutnya, studi WWF menemukan bahwa perubahan iklim menyebabkan berkurangnya ketersediaan makanan untuk beberapa spesies, serta meningkatnya persaingan untuk sumber daya.


Dampak Perubahan Iklim terhadap Kehidupan Hewan dan Tumbuhan

Dampak perubahan iklim terhadap kehidupan hewan dan tumbuhan pada tahun 2023 kemungkinan besar akan semakin parah. Naiknya suhu akan menyebabkan peningkatan penyebaran penyakit dan penurunan keanekaragaman hayati.


Pola migrasi beberapa spesies dapat terganggu, yang menyebabkan peningkatan risiko kepunahan beberapa dari mereka. Ketersediaan makanan untuk beberapa spesies telah berkurang yang menyebabkan meningkatnya persaingan untuk sumber daya.


Selain dampak langsung dari perubahan iklim, dampak tidak langsung juga cenderung mengkhawatirkan. Contohnya, perubahan suhu dan curah hujan dapat menyebabkan peningkatan frekuensi dan intensitas bencana alam, seperti banjir dan kekeringan.


Hal ini dapat menyebabkan gangguan lebih lanjut terhadap kehidupan hewan dan tumbuhan serta meningkatnya persaingan untuk mendapatkan sumber daya makanan.


Berikut data daftar spesies hewan dan tumbuhan yang terancam punah;

Hewan:

1. Serigala Abu-abu Meksiko

2. Antelop Saiga

3. Badak Jawa

4. Hering Pantat Putih

5. Cheetah Asia

6. Harimau Sumatera

7. Badak Hitam

8. Paus Biru

9. Penyu Sisik

10. Karang Staghorn


Tanaman:

1. Pohon Kastanye Amerika

2. Pinus Whitebark

3. Cemara Merah

4. Sequoia Raksasa

5. Milkweed Kupu-Kupu Raja

6. Anggrek Berpohon Padang Rumput Barat

7. Furbish Lousewort

8. Anggrek Hantu

9. Pir Berduri Timur

10.Carolina Hemlock


Keismpulan

Perubahan iklim akan menyebabkan gangguan yang mengerikan terhadap alam khususnya pada tahun 2023, dan dampaknya terhadap hewan dan kehidupan tanaman akan sangat parah dan terjadi di selutuh dunia.


Sangat jelas sudah bahwa dampak perubahan iklim terhadap kehidupan hewan dan tumbuhan akan menjadi bencana bagi umat manusia dan langkah-langkah cepat tanggap harus diambil sekarang untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan melindungi alam juga generasi kita selanjutnya.

https://www.sodiqi.com/
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama