Contoh Pidato Singkat Bahasa Arab Tentang Pernikahan

Assalamu'alaikum, selamat datang kembali di sodiqi.com ! Alhamdulillah hari ini kita masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk menjalani kehidupan yang diridhai-Nya. Artikel edisi kali ini saya ingin membagikan sebuah contoh pidato bahasa Arab.

buku nikah

Contoh pidato bahasa Arab ini adalah tentang pernikahan, ini saya tulis sambil saya belajar mengembangkan kosakata / mufradat saya, jadi kalau bagus mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi teman-teman pembaca sekalian, kalau ada kekeliruan tolong disampaikan di kolom komentar.

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، الحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ خَلَقَ نَبِيَّنَا آدَمَ وحَبِيْبَتُهُ حَوَّاءَ، وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَنِسَاءً، ثُمَّ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ المُصْطَفَى، وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ أهْلِ التُّقَى وَالوَفَاءَ. نَشْكُرُ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ، الَّذِيْ قَدْ أَعْطَانَا حَيَاةً طَيِّبَةً، وَجَعَلَنَا مِنْ أُمَّةِ رَسُوْلِهِ المُخْتَـتَمْ، لِهَدَانَا إِلَى سُلُوْكِ الجِنَانْ.

 المُكَرَّمْ أُسْتَاذُنَا الكِرَامْ، وَيَاأَيُّهَا المُسْتَمِعِيْنَ المُحْتَرَمْ. . .

أَقُوْمُ أَمَامَكُمْ جَمِيْعًا لِأَتَحَدَّثَ قَلِيْلًا عَنْ مُشْكِلَةٍ مُهِمَّةٍ هَذَا الزَّمَانْ، تحْتَ المَوْضُوْعِ "النِّكَاحْ، العِبَادَةْ طُوْلَ الحَيَةْ"

أَيُّهَا الإِخْوَة فِيْ اللهِ . . . أَلَا وَإِنَّ جَعَلَ اللهُ لَنَا عِبَادَةً الَّتِيْ نِيَّتُهَا مَرَّةً وَلَفْظُهَا طَاهِرَةً وَعَقْدُهَا مُشَاهَدَةً وَدَوَامُ أَرْكَانِهَا طُوْلَ حَيَاتِكَ، أَلَا وَهِيَ النِّكَاحْ! أَيُّهَا الإِخْوَاة، هَلْ عَرَفْتُمْ طَرِيْقَةً تُحِلُّ كُلَّ مَا حَرَّمَ اللهُ بَيْنَ الرِّجَالِ وَالنِّسَاءِ؟ فَطَرِيْقَتُهَا النِّكَاحُ. كُلُّهُ حَرَامُ ٌ إِلَّا بَعْدَ النِّكَاحِ. كُلُّ مَا فَعَلْتَ مَعَ زَوْجِكَ أَوْ زَوْجَتِكَ عِبَادَةٌ مِنْ نَظْرٍ وَتَبَسَّمٍ وَهَزْلٍ وَنَوْمٍ وَأَكْلٍ وَشُرْبٍ وَكُلِّ شَيْءٍ آخَرَ. إِذًا، مَاذَا تَنتَظِرُوْنَ أَيُّهَا البَنِيْنَ وَالبَنَاتِ؟

قَالَ النَّبِيُّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَلَامُ: "تَزَوَّجُوْا فَإِنِّيْ مُكَاثِرٌ بِكُمُ الأُمَمَ يَوْمَ القِيَامَةِ. . ." اليَوْمُ، كَمْ مِنْ إِجْرَمِيٍّ وَ مَعْصِيَّةٍ وَالزِّنَا سَمِعْنَا وَقَرَأْنَ مِنْ وَسَائِلِ العَامَّةِ وَالتِّلْفَازِ بَلْ دَاءُهَا وَاحِدْ وَهِيَ النِّكَاحُ. عَرَفْنَا، فَقَطْ فِيْ الإِسْلَامِ سِلْسِلَةَ النَّسْبِ مَحْفَظْ عَلَى سَبِيْلِ الحُرْمَةِ، إِنَّ النِّكَاحَ عِبَادَةٌ تُحْفَظُ النَّسْبَ وَتُدْفَعُ الزِّنَا، تُسْلِمُ الإِيْمَانَ وُتُدْفَعُ البَلَاءَ، تُوَسِّعُ الأَرْزَقَ وَتُضِيْقُ المَعْصِيَّةَ. إِذًا مَنِ اسْتَطَعَ مِنْكُمُ البَاءَةَ بَادِرُوا إِلَى النِّكَاحِ، لأَنَّ النِّكَاحَ نِصْفُ الدِّيْنِ، النِّكَاحُ هُوَ عِبَادَةٌ، عِبَادَتُهَا طُوْلَ حَيَاتِكَ.

هَذَا فَقَطْ مِنِّيْ، شُكْرًا كَثِيْرًا عَلَى إِهْتِمَامِكُمْ، أًقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا أَسْتَغْفِرُ اللهَ تَعَالَى، أَخِرُ الكَلَامْ وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Terjemahannya:

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhu, Segala puji hanya milik Allah yang telah menciptakan Nabi kita Adam a.s dan kekasihnya Hawa dan menjadikan dari keduanya anak keturunan laki-laki dan perempuan yang banyak, Kemudian shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad Almusthafa, juga kepada keluarga dan sahabat beliau yang mereka semua adalah ahli taqwa dan loyal. Kita bersyukur kepada Allah yang telah memberikan kepada kita kehidupan yang baik, dan menjadikan kita bagian dari ummat Nabi-Nya yang menjadi penutup segala nabi dan rasul, ia (Nabi) menunjukkan kepada kita ke jalan surga.

Yang saya hormati Dosen saya yang mulia, dan para pendengar yang terhormat. . .

Saya berdiri di depan anda sekalian untuk membicarakan sedikit permasalah yang penting di zaman sekarang, dengan judul, "Menikah, Ibadah sepanjang hidup"

Saudara-saudariku di jalan Allah,...
Sesungguhnya Allah telah menjadikan bagi kita sebuah ibadah yang mana ibadah tersebut niatnya hanya sekali, ungkapannya suci, akadnya tersumpah, rukunnya sepanjang hidupmu, ibadah tersebut adalah nikah! Wahai saudara-saudari! tahukah kalian sebuah cara untuk menghalalkan segala sesuatu yang diharamkan Allah yang dilakukan antara laki-laki dan perempuan? Caranya adalah dengan menikah. Semuanya yang terjadi antara dua orang, laki-laki dan perempuan semuanya haram kecuali setelah menikah. Semua yang kamu lakukan dengan pasanganmu adalah ibadah, dari mulai memandang, senyum, senda gurau, makan, minum, dan sebagainya. Jadi, apa yang kalian tunggu wahai para pemuda dan pemudi?

Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Menikahlah, karena akau berbangga-bangga dengan banyaknya kalian di hari akhirat" Hari ini, berapa banyak kriminalitas, kemaksiatan, dan perxinaan yang kita dengar dan kita baca dari media massa dan televisi, obatnya hanya saru yaitu dengan menikah, kita tau, hanya dalam Islam silsilah keturunan terjaga dengan cara yang suci. Sesungguhnya pernikahan adalah ibadah yang menjaga garis keturunan, menolak zina, menyelamatkan iman dan menolak bencana, memperluas rezeki dan menyempitkan kemaksiatan. Jadi, barangsiapa dianatara kalian yang memiliki kesiapan, bersegeralah menikah, karena menikah adalah sebagian dari agama, nikah adalah ibadah, yang ibadahnya sepanjang hidupmu.

Hanya ini saja dari saya, terimakasih atas perhatiannya, aku sampaikan ini dan aku memohon ampunan kepada Allah yang mah tinggi, akhir kata wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama