Distribusi Selektif Perusahaan Minimun Ringan Melalui Platform Digital, Dropshipper dan Reseller



Soal: Perusahaan minuman ringan yang baru didirikan melalukan strategi penjualan dengan menempatkan produk dagangannya pada berbagai platform digital sebagai sarana yang bisa memfasilitasi bertemunya penjual dan pembeli. Kegiatan ini juga dilakukan dengan mengajak kerjasama dengan dropshipper ataupun reseller. Strategi distribusi yang dilakukan perusahaan tersebut adalah?{alertSuccess}

(A) distribusi intensif
(B) distribusi selektif
(C) distribusi ekslusif
(D) distribusi kolektif

Jawaban yang tepat dari pilihan ganda tersebut adalah pilihan jawaban (B) distribusi selektif.


Pembahasan

Distribusi selektif merupakan strategi distribusi di mana perusahaan memilih beberapa saluran distribusi yang cocok untuk memasarkan produk mereka.

Dalam kasus soal ini, perusahaan minuman ringan yang baru didirikan memilih untuk menempatkan produk dagangannya pada berbagai platform digital sebagai wadah penjualan.

Dengan menggunakan platform digital, perusahaan dapat mencapai basis konsumen yang lebih luas dan memfasilitasi pertemuan antara penjual dan pembeli.

Kerjasama dengan dropshipper atau reseller juga mencerminkan strategi distribusi selektif.

Dropshipper adalah individu atau pelaku bisnis yang menjual produk namun tidak menyimpan stok barang, mereka hanya mengirimkan pesanan langsung dari produsen atau distributor kepada pembeli.

Ada juga Reseller, adalah orang yang membeli produk dalam jumlah besar dari produsen atau distributor dan menjualnya kembali kepada konsumen.

Dengan bekerja sama dengan dropshipper dan reseller, perusahaan minuman ringan tersebut dapat memperluas jangkauan penjualannya tanpa harus mengelola semua saluran distribusi sendiri.

Ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar dan memanfaatkan perusahaan untuk memanfaatkan keahlian dan jaringan para dropshipper dan reseller untuk meningkatkan penjualan mereka.

Sesuai konteks soal ini, strategi distribusi eksklusif pada pilihan jawaban (C) tidak relevan karena perusahaan tidak membatasi akses produknya hanya kepada beberapa pihak tertentu.

Distribusi kolektif pada pilihan jawaban (D) juga tidak tepat karena tidak ada penjelasan tentang kerjasama kelompok atau kolektif dalam skenario tersebut.

Distribusi intensif pada pilihan jawaban (A) adalah strategi di mana produk dijual lewat sebanyak mungkin saluran distribusi yang tersedia, yang tidak sepenuhnya sesuai dengan deskripsi pada soal tersebut.

Dengan demikian, berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah (B) distribusi selektif.


Informasi Tambahan

Selanjutnya mari kita lihat penjelasan tambahan untuk masing-masing pilihan jawaban lainnya untuk memperluas wawasan kita.


(A) Distribusi Intensif

Distribusi intensif pada opsi jawaban A adalah strategi di mana perusahaan berusaha untuk menempatkan produknya melalui sebanyak mungkin saluran distribusi yang tersedia.

Distribusi jenis ini dilakukan dengan tujuan mencapai penetrasi pasar yang maksimal dan memastikan ketersediaan produk di berbagai tempat.

Kendati demikian, dalam kasus soal pilihan ganda ini, perusahaan minuman ringan yang baru didirikan memilih platform digital sebagai sarana penjualan utama mereka.

Maka oleh karena itu, pilihan distribusi intensif tidak relevan karena fokus mereka tidak pada ketersediaan produk di banyak saluran distribusi fisik.


(C) Distribusi Eksklusif

Distribusi eksklusif pada opsi jawaban C merupakan strategi di mana perusahaan membatasi akses produknya hanya kepada beberapa pihak tertentu.

Biasanya, perusahaan memilih mitra distribusi yang terbatas dan berwenang secara eksklusif untuk menjual produk tersebut di wilayah atau pasar tertentu.

Tapi, dari informasi yang kita dapat dari soal di atas, perusahaan minuman ringan tidak membatasi akses produknya hanya kepada beberapa pihak.

Sebaliknya, mereka memanfaatkan platform digital yang tersedia untuk menjangkau konsumen lebih luas. Jadi, distribusi eksklusif juga tidak relevan dalam konteks ini.


(D) Distribusi Kolektif

Distribusi kolektif pada opsi jawaban D mengacu pada kerjasama antara beberapa produsen atau perusahaan yang bekerja sama dalam mengorganisir dan mengelola saluran distribusi.

Pada soal pilihan ganda di atas, tidak ada penjelasan tentang kerjasama kelompok atau kolektif yang terjadi.

Perusahaan minuman ringan yang baru didirikan memilih platform digital sebagai saluran distribusi utama mereka dan bekerja sama dengan dropshipper serta reseller.

Maka, distribusi kolektif juga bukan strategi yang relevan dalam kasus ini.

Dengan demikian, berdasarkan penjelasan tambahan di atas, dapat kita simpulkan bahwa pilihan jawaban (B) distribusi selektif adalah yang paling sesuai dengan strategi distribusi yang dilakukan oleh perusahaan minuman ringan tersebut.

Distribusi Selektif

Sekian, dan terimakasih. . .
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama