Pembahasan Soal Tentang Biaya Peluang Terbaik dan Barang Komplementer

peluang

Soal Pertama: Budi memiliki uang Rp. 1 Milyar dan memilih berinvestasi pada lini produk yang akan memberikan hasil 7% opsi pertama dan 11,5% pada lini produk kedua. Namun dengan pertimbangan tertentu Budi memilih lini produk yang memberikan hasil 7%. Pernyataan yang tepat berdasarkan wacana tersebut adalah?{alertSuccess}

(A) perbedaan 4,5% antara 2 lini produk tersebut merupakan biaya peluang terbaik yang dikorbankan dari keputusan ini

(B) perbedaan 4,5% antara 2 lini produk tersebut merupakan biaya keuntungan yang diperoleh dari keputusan ini

(C) hasil keuntungan 11% antara 2 lini produk tersebut merupakan investasi yang paling menguntungkan

(D) Budi mengalami kerugian sebesar 4,5% yang merupakan selisih 11,5% dan 7%


Pembahasan

Berdasarkan data wacana yang diberikan, Budi memilih lini produk yang memberikan hasil 7% meskipun ada lini produk lain yang menawarkan hasil 11,5%.

Oleh karena demikian, kita perlu mencari pernyataan yang tepat yang menjelaskan situasi ini.

(A) perbedaan 4,5% antara kedua lini produk tersebut merupakan biaya peluang terbaik yang dikorbankan dari keputusan ini.

Pernyataan ini tidak tepat karena biaya peluang terbaik mengacu pada nilai yang hilang akibat memilih opsi tertentu daripada opsi yang lebih menguntungkan.

Namun, dalam kasus ini, Budi memilih opsi yang kurang menguntungkan (7%) daripada yang lebih menguntungkan (11,5%). Jadi, tidak ada biaya peluang terbaik yang dikorbankan.


(B) perbedaan 4,5% antara kedua lini produk tersebut merupakan biaya keuntungan yang diperoleh dari keputusan ini.

Pernyataan ini juga tidak tepat. Biaya keuntungan tidak masuk akal dalam konteks ini. Pemilihan opsi yang kurang menguntungkan tidak bisa dianggap sebagai biaya keuntungan.


(C) hasil keuntungan 11% antara kedua lini produk tersebut merupakan investasi yang paling menguntungkan.

Pernyataan ini juga tidak tepat. Meskipun hasil keuntungan 11% lebih tinggi daripada 7%, Budi sebenarnya memilih lini produk yang memberikan hasil 7%.

(D) Budi mengalami kerugian sebesar 4,5% yang merupakan selisih 11,5% dan 7%.

Pernyataan ini adalah pernyataan yang paling tepat. Meskipun tidak disebutkan secara eksplisit dalam wacana, jika Budi memilih lini produk yang memberikan hasil 7% daripada 11,5%, maka dia mengalami kerugian karena dia memilih opsi yang kurang menguntungkan.

Selisih antara 11,5% dan 7% adalah 4,5%, yang merupakan kerugian yang dialami oleh Budi.

Jadi, jawaban yang benar adalah (D) Budi mengalami kerugian sebesar 4,5% yang merupakan selisih 11,5% dan 7%.



Soal Kedua: Terjadi kenaikan harga barang X, mengakibatkan permintaan terhadap barang Y mengalami penurunan. Namun sebaliknya dengan barang Z mengalami kenaikan. Berdasarkan pernyataan tersebut barang Y adalah barang? {alertSuccess}

(A) subtitusi
(B) komplementer
(C) mewah
(D) pokok

Berdasarkan pernyataan tersebut, barang Y dapat dikategorikan sebagai barang komplementer.


Pembahasan

Barang komplementer adalah barang-barang yang biasanya digunakan bersamaan atau saling melengkapi satu sama lain.

Jika harga barang X mengalami kenaikan dan hal ini menyebabkan permintaan terhadap barang Y mengalami penurunan, dapat disimpulkan bahwa barang Y dan barang X memiliki hubungan komplementer.

Maksudnya, konsumen cenderung membeli barang Y ketika mereka membeli barang X, dan sebaliknya, ketika harga barang X naik, permintaan terhadap barang Y menurun.

Sementara itu, barang Z mengalami kenaikan permintaan. Namun, informasi yang diberikan tidak memberikan petunjuk apakah barang Z merupakan barang komplementer, barang mewah, atau barang pokok.

Oleh karena demikian, jawaban yang benar untuk pertanyaan ini adalah pilihan (B) komplementer, karena barang Y memiliki hubungan komplementer dengan barang X.


Informasi Tambahan

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang keempat opsi jawaban yang disediakan sebagai informasi dan wawasan tambahan bagi kita.

A) Barang Substitusi

Barang substitusi adalah barang-barang yang dapat saling menggantikan satu sama lain dalam pemenuhan kebutuhan atau keinginan konsumen.
Jika terjadi kenaikan harga barang X dan permintaan terhadap barang Y mengalami penurunan, maka barang Y bukanlah barang substitusi dari barang X.

Jika barang Y merupakan barang substitusi, kenaikan harga barang X seharusnya mendorong permintaan terhadap barang Y.


B) Barang Komplementer

Barang komplementer adalah barang-barang yang cenderung digunakan bersamaan atau saling melengkapi satu sama lain.

Karena terjadi penurunan permintaan terhadap barang Y ketika harga barang X naik, dapat disimpulkan bahwa barang Y dan barang X adalah barang komplementer.

Kenaikan harga barang X membuat konsumen cenderung mengurangi permintaan terhadap barang Y.


C) Barang Mewah

Barang mewah adalah barang-barang yang dianggap sebagai barang tambahan atau mewah yang tidak menjadi kebutuhan dasar manusia.

Informasi yang diberikan dalam pernyataan tidak cukup untuk menyimpulkan apakah barang Y termasuk barang mewah atau bukan.

Jadi, tidak ada cukup wawasan yang dapat mengarahkan kita untuk memilih pilihan (C) sebagai jawaban yang benar dalam konteks pernyataan tersebut.


D) Barang Pokok

Barang pokok atau barang kebutuhan pokok adalah barang-barang yang diperlukan secara rutin oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Tidak ada informasi yang diberikan dalam pernyataan yang menunjukkan apakah barang Y merupakan barang pokok atau bukan.

Maka dari itu, tidak ada cukup alasan untuk memilih pilihan (D) sebagai jawaban yang benar dalam konteks pernyataan pada soal di atas.

Berdasarkan soal, jawaban yang paling tepat adalah pilihan (B) komplementer, karena kenaikan harga barang X menyebabkan penurunan permintaan terhadap barang Y, menunjukkan hubungan komplementer antara keduanya.

Terimakasih sudah berkunjung di sodiqi.com, semoga bermanfaat!
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama