Penggunaan Pupuk Kompos Untuk Model Pertanian Ecofarming

pupuk kompos
Gambar ilustrasi pupuk kompos

Soal: Perubahan iklim berdampak langsung pada bidang Agrikultur. Fakta ini terlihat di beberapa wilayah pedesaan dalam wujud praktik pertanian yang berubah menjadi model ecofarming sebagai salah satu usaha untuk menurunkan efek gas rumah kaca. Praktik pertanian model ecofarming yang sesuai adalah seperti? {alertSuccess}

(A) penggunaan pupuk kompos
(B) perubahan pola tanam lama
(C) melakukan intensifikasi pertanian
(D) mengganti jenis pupuk kimia

Jawaban yang benar dari pilihan yang diberikan adalah (A) penggunaan pupuk kompos.


Pembahasan

Praktik pertanian model ecofarming yang sesuai adalah penggunaan pupuk kompos sebagai salah satu upaya untuk menurunkan efek gas rumah kaca.

Pupuk kompos merupakan pupuk organik yang terbuat dari bahan-bahan organik seperti sisa tanaman, limbah dapur, dan kotoran hewan yang diuraikan melalui proses pengomposan.

Penggunaan pupuk kompos dalam pertanian memiliki beberapa manfaat yang berdampak pada perubahan iklim.


Meminimalisir Pupuk Kimia

Penggunaan pupuk kompos dapat mengurangi kebutuhan akan pupuk kimia. Pupuk kimia biasanya diproduksi melalui proses industri yang menghasilkan emisi gas rumah kaca.

Dengan menggantikan sebagian pupuk kimia dengan pupuk kompos, penggunaan pupuk kimia dapat diminimalisir, sehingga emisi gas rumah kaca juga menurun.


Kesuburan Tanah

Pupuk kompos membantu meningkatkan kesuburan tanah. Tanah yang subur memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menyerap karbon dioksida, sehingga dapat membantu mengurangi jumlah karbon dioksida yang terperangkap di atmosfer.

Selain itu, pupuk kompos juga dapat meningkatkan daya simpan air tanah, sehingga membantu pertanian menghadapi perubahan iklim yang menyebabkan pola curah hujan yang tidak teratur.


Mengurangi Erosi Tanah

Penggunaan pupuk kompos dapat membantu mengurangi erosi tanah. Tanah yang tererosi akan menghasilkan sedimen yang dapat mencemari sungai dan sumber air lainnya.

Untuk jangka panjang, pengurangan erosi tanah dapat membantu menjaga kualitas air dan kelestarian lingkungan.

Dari segi perubahan iklim, penggunaan pupuk kompos sebagai bagian dari praktik pertanian ecofarming membantu dalam mengurangi emisi gas rumah kaca, meningkatkan kesuburan tanah, mengurangi erosi tanah, dan mengelola air dengan lebih efisien.

Maka oleh karena itu, opsi pilihan jawaban (A) penggunaan pupuk kompos merupakan jawaban yang tepat.


Bagaimana Dengan Jawaban Yang Lain?

Pilihan jawaban yang tidak benar adalah (B) perubahan pola tanam lama, (C) melakukan intensifikasi pertanian, dan (D) mengganti jenis pupuk kimia.

Meskipun tidak menjadi jawaban yang tepat dalam konteks praktik pertanian model ecofarming untuk menurunkan efek gas rumah kaca, berikut ini adalah penjelasan tambahan untuk memperluas wawasan kita.


(B) Perubahan pola tanam lama

Perubahan pola tanam lama tidak secara langsung berhubungan dengan upaya menurunkan efek gas rumah kaca.

Kendati demikian, dalam konteks perubahan iklim, praktik pertanian berkelanjutan sering kali mempertimbangkan perubahan pola tanam yang lebih efisien dan ramah lingkungan, seperti rotasi tanaman, intercropping, atau pola tanam konservasi tanah.

Praktik-praktik model pertanian ini dapat membantu meningkatkan produktivitas lahan dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.


(C) Melakukan intensifikasi pertanian

Intensifikasi pertanian merupakan praktik yang bertujuan untuk meningkatkan hasil pertanian dengan memanfaatkan lahan yang sudah ada secara lebih efisien.

Tapi, dalam konteks mengurangi efek gas rumah kaca, intensifikasi pertanian yang hanya berfokus pada peningkatan produksi tanpa mempertimbangkan aspek lingkungan dapat meningkatkan penggunaan pupuk kimia, pestisida, dan energi fosil.

Mak oleh karena itu, intensifikasi pertanian bukanlah pilihan yang tepat dalam praktik pertanian model ecofarming yang berkelanjutan.


(D) Mengganti jenis pupuk kimia

Mengganti jenis pupuk kimia tidak secara langsung berefek pada pengurangan efek gas rumah kaca, karena pupuk kimia cenderung berkontribusi terhadap emisi gas rumah kaca.

Namun, dalam praktik pertanian yang berkelanjutan langkah-langkah seperti pengurangan penggunaan pupuk kimia, pemilihan pupuk organik, atau penggunaan pupuk yang dirancang khusus untuk mengurangi kebocoran nitrogen dapat diadopsi untuk mengurangi dampak lingkungan negatif yang terkait dengan penggunaan pupuk kimia.

Sekali lagi, pilihan yang benar untuk soal pilihan ganda di atas berkaitan dengan menurunkan efek gas rumah kaca melalui praktik pertanian model ecofarming adalah (A) penggunaan pupuk kompos.

Sekian dan Terimakasih. . .
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama