Sodiqi

sodiqi

Sodiqi.com - Banda Aceh (21/08/2023), kembali lagi bersama kami dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas terkait kata sodiqi.

Kenapa kami membahas kata sodiqi dalam bahasa Arab? karena kebetulan blog ini kami namakan sodiqi.com, maka berangkat dari situ kami berhak membahas interpretasi makna dari kata sodiqi (صَدِيْقِي), terlebih lagi penulis di blog ini, Bung Moenandar juga seorang civitas alumni di pendidikan bahasa Arab.

Langsung saja kita masuk kedalam pembahasan, oh ya nanti kami juga menyertakan beberpa quotes bahasa Arab dari kata sodiqi.


Definisi Kata Sodiqi (صديقي)

Untuk definisi kita kupas dalam tiga ranah, etimologi, terminologi, dan arabic to arabic meaning.

Etimologi Sodiqi

Secara etimologi kata sodiqi (صديقي) berasal dari akar kata ( ص-د-ق ) (ṣ-d-q) yang memiliki makna dasar kebenaran, ketulusan, dan kejujuran. Dari akar kata ini, banyak kata yang bermunculan, seperti (صدق) sidqun yang berarti benar atau jujur, dan (تصديق) taṣdiiq yang berarti memverifikasi atau mengkonfirmasi. Jika ditambah dengan dhomir muttashil (ي) maka akan bermakna temanku / my friend.


Terminologi Sodiqi

Dalam istilah terminologi umum, (صديق) sodiq diartikan sebagai teman. Sedangkan (صديقي) sodiiqii adalah bentuk milik yang berarti temanku, dengan penambahan huruf (ي) pada akhir kata menunjukkan kepemilikan pertama orang tunggal (saya).


Arti Sodiqi Arabic to Arabic

Untuk melihat makna atau arti sodiqi secara real dalam literatur bahasa Arab biasanya saya melihat di kamu almaany, berikut screenshoot yang saya dapatkan;

arti kata sodiqi

Dari hasil screenshoot dari kamus almaany ini bisa kita pahami bahwa kata sodiqi sendiri adalah sebuah isim dalam bahasa Arab, arti kata sodiqi adalah teman yang jujur dan ramah.


Sinonim Sodiqi

Kata sodiqi juga memiliki sinonim atau hiponim dengan beberapa kata lain dalam bahasa Arab, dan penggunaanya bisa berbeda-beda. Jangan sampai salah menggunakannya.

1. صديق (ṣodīq)

Arti: Seperti yang sebelumnya dijelaskan, kata ini berasal dari akar (ص-د-ق) (ṣ-d-q) yang berkaitan dengan kebenaran dan kejujuran.
Penggunaan: Dalam penggunaan sehari-hari, (صديق) (ṣodīq) biasanya merujuk pada teman. Kata ini umumnya digunakan untuk menggambarkan hubungan persahabatan yang umum dan dapat diterapkan dalam berbagai konteks, mulai dari teman sekolah hingga teman kerja.


2. صاحب (ṣāḥib)

Arti: Kata ini berasal dari akar (ص-ح-ب) yang memiliki makna dasar menemani atau bersama.
Penggunaan: صاحب (ṣāḥib) dapat diterjemahkan sebagai teman, pemilik, atau seseorang yang memiliki sesuatu. Dalam konteks persahabatan, صاحبي (ṣāḥibī) berarti temanku. Namun, kata ini memiliki rentang penggunaan yang lebih luas dan dapat merujuk pada berbagai hubungan, termasuk kerja sama bisnis atau relasi lainnya.


3. زميل (zamīl)

Arti: Berasal dari akar (ز-م-ل), yang memiliki makna dasar bergabung atau bersama.
Penggunaan: Kata زميل" (zamīl) biasanya merujuk pada 'rekan' atau 'kolega'. Ini sering digunakan dalam konteks profesional atau pendidikan, seperti rekan kerja atau teman sekelas.


4. خليل (khalīl)

Etimologi: Kata ini berasal dari akar (خ-ل-ل), yang berhubungan dengan konsep cinta yang mendalam dan persahabatan yang erat.
Penggunaan: خليل (khalīl) adalah kata yang menggambarkan seorang teman dekat close friend atau sahabat. Ini mengindikasikan tingkat kedekatan dan keintiman yang lebih besar daripada kata-kata lain untuk teman. Contohnya, Nabi Ibrahim alaihissalam digelar dengan (خليل الله) Kholilullah dalam Islam, yang berarti Kekasih Allah untuk menggambarkan kedekatannya dengan Allah Subhanahu Wata’ala.


Pepatah Bahasa Arab Sodiqi

Berikut ini beberapa pepatah bahasa Arab yang ada kata sodiqi nya...

صَدِيقِي كَنْزٌ لَا يَفْنَى، وَهُوَ مِصْبَاحٌ قَلْبِي فِي الظّلُمَاتِ

(Ṣodīqī kanzun lā yafnā, wahuwa miṣbāḥ qalbī fī azh-zhulumāt)

Artinya: "Temanku adalah harta yang tidak akan habis, dan dia adalah cahaya hatiku di kegelapan."


 

فِي جَنَبَاتِ الْكُتُبِ وُجِدْتُ حِكْمَةً، وَفِي قَلْبِ صَدِيقِي وُجِدْتُ الْحَيَاةُ

(Fī junubāt al-kutub wajadt hikmah, wa fī qalb ṣodīqī wajadt al-ḥayāh)

Artinya: "Di sisi buku-buku, saya menemukan kebijaksanaan, dan di hati temanku, saya menemukan kehidupan."


 

الصِّدِّيقُ فِي الْحَيَاةِ كَالنَّخْلَةِ فِي الصَّحْرَاءِ، وَصَدِيقِي هُوَ ظِلِّي وَمَأْوَايَ

(As-ṣodīq fī al-ḥayāh ka'n-nakhlah fī aṣ-ṣaḥrā’, waṣodīqī huwa ẓillī wa ma'wāy)

 

Artinya: "Seorang teman dalam kehidupan seperti pohon kurma di gurun, dan temanku adalah naunganku dan tempat perlindunganku."


 

إِنَّمَا النَّفْسُ تَتَقَوَّى بِالْعِلْمِ وَالْيَرَاعِ، وَصَدِيقِي نُورٌ يَضِئُّ دَرْبِي

(Innamā an-nafs tataqwā bil-'ilm wa al-yirā', waṣodīqī nūrun yuḍī’ darbī)

Artinya: "Jiwa hanya dikuatkan oleh ilmu dan kesadaran, dan temanku adalah cahaya yang menerangi jalanku."


 

مَنْ لَا يَحْتَرِمُ الصَّدَاقَةَ، فَقَدْ فَقَدَ نِصْفَ حَيَاتِهِ

(Man lā yaḥtaram aṣ-ṣadāqah, faqad faqad nisf ḥayātih, waṣodīqī huwa rūḥī)

Artinya: "Siapa yang tidak menghargai persahabatan, telah kehilangan setengah dari kehidupannya, dan temanku adalah jiwaku."


_______________

Itulah sekilas tentang sodiqi, kami menulis artikel ini karena kebetulan nama situs ini sodiqi.com
Syukran jazilan, wassalam,...
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama