Teks Qiroah Bahasa Arab Tentang Olahraga Kelas XII Madrasah Aliyah

bola

Sodiqi.com - Assalamu'alaikum teman-teman pembaca sekalian, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan terjemahan teks qiroah dari buku bahasa Arab kelas 12 madrasah aliyah yaitu qiroah yang ada dihalaman 6, semoga bermanfaat...


Teks Qiroah Bahasa Arab Kelas XII Halaman 6

الرِّيَاضّةُ

الرِّيَاضّةُ هِيَ النَّشَاطُ البَدَنِيُّ المُسْتَمِرُّ أَوْ الحَرَكَاتُ البَدَنِيَّةُ المُسْتَمِرَّةُ لِتَحْسِيْنِ الصِّحَّةِ، وَالرِّيَاضَةُ مِنْ أُسُسِ وِقَايَةِ الصِّحَّةِ وَالمُحَافَظَةِ عَلَيْهَا، وَلَابُدَّ مِنَ القِيَامِ بِهَا مُبَكِّرًا. وَالرِّيَاضَةُ نَوْعَانِ، هُمَا : الرِّيَاضَةُ الفَرْدِيَّةُ، وَالرِّيَاضَةُ الجَمَعِيَّةُ، وَلَكُلِّ مِنْهُمَا فَوَائِدٌ كَثِيْرَةٌ.

الرِّيَاضَةُ الفَرْدِيَّةُ هِيَ الرِّيَاضَةُ الّتِي يَقُوْمُ بِهَا الشَّخْصُ بِنَفْسِهِ مُنْفَرِدًا، مِثْل: الجَرْيُ وَالرِّمَايَةُ وَالسِّبَاحَةُ وَالفُرُوْسِيَّةُ وَغَيْرِ ذَلِكَ. وَأَمَّا الرِّيَاضَةُ  الجَمَعِيَّةُ فَهِيَ الرِّيَاضَةُ الّتِيْ يَشْتَرِكُ فِيْ القِيَامِ بِهَا شَخْصَانِ أَوْ أَكْثَرَ، مِثْل: كَرَةَ القَدَمِ وَكُرَةَ الطَّائِرَةِ وَ كُرَةَ الرِّيْشَةِ وَكُرَةَ الطَّاوِلَةِ وَكُرَةَ السَّلَّةِ وَغَيْرِ ذَلِكَ. وَمِمِّا لَا شَكَّ فِيْهِ أَنَّ لِلرِّيَاضَةِ  كَثِيْرًا مَنَ الفَوَائِدِ عَلَى صِحَّةِ الفَرْدِ، تَشْتَمِلُ عَلَى فَوَائِدَ لِلصِّحَّةِ  البَدَنِيَّةِ وَالصِّحَّةِ النَّفْسِيَّةِ، مِنْهَا:

1-        تَقْوِيَّةُ المَنَاعَةِ البَدَنِيَّةِ وَالإِبْتِعَادِ عَنِ الأَمْرَاضِ.

2-        تَجْمِيْلُ الجِسْمِ وَتَحْسِيْنُ مَظْهَرِهِ، وَتَخْفِيْضُ وَزْنِ البَدَنِ.

3-        زِيَادَةُ السُّرُوْرِ وَالسَّعَادَةِ.

4-        تَقْلِيْلُ القَلَقِ وَتَسْهِيْلُ النَّوْمِ.

5-        تَقْوِيَةُ التَّفْكِيْرِ وَالتَّرْكِيْزِ وَتَرْقِيَةُ الثِّقَّةِ بِالنَّفْسِ.

وَعَلَى رَغْمِ ذَالِكَ، لَا يَجُوْزُ لِلنَّاسِ الإِفْرَاطَ فَيْ مُمَارَسَاتِهَا، لِأَنَّ ذَلِكَ قَدْ يَؤَدِّيْ إِلَى الأَرَقِ أَوْ الإِكْتِئَابِ وَالأَمْرَاضِ. لِذَالِكَ عَلَيْنَا الإِعْتِدَالَ فِيْ مُمَارَسَةِ الرِّيَاضَةِ بِلَا إِفْرَاطِ وَلَا تَفْرِيْطِ.

Terjemahannya;

Olahraga
Olahraga adalah aktivitas fisik yang berkesinambungan atau gerakan-gerakan fisik yang konsisten untuk meningkatkan kesehatan. Olahraga merupakan dasar pencegahan dan pemeliharaan kesehatan dan sebaiknya dilakukan sejak dini. Olahraga terbagi menjadi dua jenis, yaitu: olahraga perorangan dan olahraga kelompok. Keduanya memiliki banyak manfaat.

Olahraga perorangan adalah olahraga yang dilakukan seseorang sendirian, seperti: lari, memanah, renang, berkuda, dan lain-lain. Sedangkan olahraga kelompok adalah olahraga yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, seperti: sepak bola, bola voli, bulu tangkis, tenis meja, basket, dan lainnya. Tidak diragukan lagi bahwa olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seseorang, termasuk manfaat untuk kesehatan fisik dan mental, di antaranya:

1- Meningkatkan imunitas tubuh dan menjauhkan dari penyakit.
2- Mempercantik tubuh, meningkatkan penampilan, dan menurunkan berat badan.
3- Meningkatkan kebahagiaan.
4- Mengurangi kecemasan dan memudahkan tidur.
5- Memperkuat pemikiran dan konsentrasi serta meningkatkan kepercayaan diri.

Namun demikian, orang-orang tidak boleh berlebihan dalam melakukan olahraga karena itu dapat menyebabkan insomnia, depresi, dan penyakit. Oleh karena itu, kita harus moderat dalam berolahraga tanpa berlebihan atau kurang.


Teks Cerita Bahasa Arab Tentang Olahraga

مُحَمَّدٌ طَالِبٌ فِي الْمَرْحَلَةِ الثَّانَوِيَّةِ، بَعْدَ الِانْتِهَاءِ مِنْ وَاجِبَاتِهِ الْمَدْرَسِيَّةِ قَرَّرَ أَنْ يَخْرُجَ لِلْمَشْيِ فِي الْحَدِيقَةِ الْقَرِيبَةِ مِنْ مَنْزِلِهِ. كَانَ يُحِبُّ الْحَرَكَةَ وَالنَّشَاطَ، فَالرِّيَاضَةُ كَانَتْ جُزْءًا أَسَاسِيًا مِنْ حَيَاتِهِ الْيَوْمِيَّةِ.

وَبَيْنَمَا هُوَ يَمْشِي، شَعَرَ بِالنَّسِيمِ اَلْعَلِيلِ وَأَصْوَاتِ اَلطُّيُورِ، كَانَتْ اَلْأَجْوَاءُ مُنْعِشَةً. فَكَّرَ فِي أَيَّامِهِ اَلسَّابِقَةِ حِينَ كَانَ يَلْعَبُ كُرَةَ اَلْقَدَمِ مَعَ أَصْدِقَائِهِ فِي الْمَدْرَسَةِ ، وَ كَانَتْ تِلْكَ الْأَوْقَاتُ مَلِيئَةً بِالْمَرَحِ وَالتَّحَدِّي.

فِي أَحَدِ اَلْأَزِقَّةِ، وَجَدَ مَجْمُوعَةٌ مِنَ الشَّبَابِ يَلْعَبُونَ كُرَةَ السَّلَّةِ. اِقْتَرَبَ مِنْهُمْ وَتَابَعَ اللَّعْبَ. بَعْدَ قَلِيلٍ، دَعَوْهُ لِلِانْضِمَامِ إِلَيْهِمْ. فَرِحَ مُحَمَّدٌ وَشَعَرَ بِالْحَمَاسِ، فَقَدْ كَانَ يُحِبُّ كُرَةَ السَّلَّةِ أَيْضًا.

أَمْضَى مُحَمَّدٌ سَاعَتَيْنِ فِي اللَّعِبِ، وَعَلَى الرَّغْمِ مِنَ التَّعَبِ، إِلَّا أَنَّهُ شَعَرَ بِالرِّضَا وَالسَّعَادَةِ. عِنْدَ الْعَوْدَةِ إِلَى الْمَنْزِلِ، ذَكَرَ مَقُولَةً قَالَهُ مُدَرِّسَهُ فِي الْمَدْرَسَةِ: اَلرِّيَاضَةُ لَيْسَتْ فَقَطْ لِلْجَسَدِ، بَلْ هِيَ غِذَاءٌ لِلرُّوحِ أَيْضًا. وَبِتِلْكَ الْكَلِمَاتِ نَامَ مُحَمَّدٌ، مُتَطَلِّعًا إِلَى يَوْمٍ جَدِيدٍ مَلِيءٍ بِالنَّشَاطِ وَالْحَيَوِيَّةِ.


Terjemahannya;

Muhammad adalah seorang siswa SMA, setelah menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya ia memutuskan untuk berjalan-jalan di taman dekat rumahnya. Dia suka berkatifitas dan bergerak, karena olahraga adalah bagian penting dari kehidupan sehari-harinya.

Sambil berjalan, dia merasakan angin sejuk dan mendengar kicauan burung, suasana begitu menyegarkan. Dia teringat kesehariannya ketika bermain sepak bola dengan teman-temannya di sekolah dan betapa hari-hari itu dipenuhi dengan kesenangan dan tantangan.

Di salah satu sudut taman, dia melihat sekelompok pemuda sedang bermain bola basket. Dia mendekati mereka dan mengamati permainan. Tak lama kemudian, mereka mengajaknya untuk bergabung. Muhammad merasa senang dan bersemangat, karena dia juga menyukai bola basket.

Muhammad menghabiskan dua jam bermain. Meskipun lelah, dia merasa puas dan bahagia. Ketika pulang ke rumah, dia teringat perkataan pelatihnya di sekolah: "Olahraga bukan hanya untuk tubuh, tapi juga makanan untuk jiwa." Dengan kata-kata itu, Muhammad tidur, menantikan hari esok yang penuh energi dan aktivitas.


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama